Random Posts

Persaingan keburu berad

Beberapa tahun lalu, ngebangun web atau channel itu serasa mudaaaah gitu ya. Tapi beberapa tahun belakangan, tantangannya jauh semakin berad saja.

Persaingan semakin memanas, banyak blog dan channel baru bermunculan. Orang-orang semakin sadar bahwa "nyari duit di internet" itu enak.

Dulu, masih gampang kita menemukan siapa saja tokoh-tokoh yang menguasai SERP Google. Sekarang mah sudah amat sangat sulit, mereka datang dari segala penjuru.

Mulai dari blog perorangan, hingga laman dari web besar dengan modal ratusan milyar bahkan triliunan, mengincar target yang hampir sama.


Yang kecil bukannya semakin mati, kadang... yang besar bisa tumbuh, hidup, lebih besar, itu juga atas sumbangsih dari blog-blog kecil yang menanam link ke web mereka, dengan imbalan beberapa ratus ribu perak tentunya.

Jadi, semua tetap saja punya tugasnya masing-masing.

Dan, tak selamanya web besar itu selalu lebih baik posisinya di SERP.

Hanya, frekuensi update mereka memang super-duper sering sekali. Ya maklum saja, penulisnya gak dikit, budgetnya apalagi..

Tapi jangan minder lah buat blogger-blogger sejati..

Tetap maju jika memang sudah yakin jalan rejekimu datangnya dari dunia maya.

Meski tantangan semakin berat, tapi lahannya juga semakin luas. Anggaran iklan semakin gede, tentu saja, itu membuat pundi-pundi pun akan selalu mengalir lebih deras, semoga saja...

0 Response to "Persaingan keburu berad"

Post a Comment