Random Posts

Browser komputer TERBAIK paling kencang dan ringan favorit saya

Sudah lama sekali lebih dari 4 tahun saya menggunakan setidaknya 3 browser yang rutin dipakai setiap hari.


Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Opera Browser. Ada satu lagi Vivaldi, tapi gak dipakai kecuali pengen membuka instagram lewat fitur Web Panel yang gak dimiliki browser lain tanpa extension.

Yes, di Chrome juga dulu pernah pakai App untuk membuka Instagram layaknya membuka dari ponsel. Saya yakin masih ada kalau dicari di galeri Apps.

Dan dari 4 browsers tsb, saya akan urutkan berdasarkan mana yang paling FUN alias gak bikin KEZEL.

1. OPERA browser.


Menggunakan basis Chromium yang juga menjadi basis Google Chrome, OPERA browser jauh lebih ringan ketika harus membuka PULUHAN TABS bersamaan dengan isi konten web yang BERAT, misalnya video streaming.

OPERA adalah browser yang paling sedikit membutuhkan MEMORY RAM, dan saya rasakan yang paling JARANG CRASH.

Beberapa kali CRASH itu karena jumlah tab yang terbuka sudah AMAT SANGAT BANYAK entah berapa puluh. Yakk, kadang saya lupa diri.

Pun ketika HANG, OPERA gak mesti langsung CRASH, jadi seringnya masih bisa diselamatkan dengan beberapa metode.

Yang pertama; JANGAN klik apapun kecuali balik ke DESKTOP. Lalu kalau udah agak lama, Refresh, sekali dua kali tiga kali.. Coba pelan2 close beberapa program yang gak dipakai, atau kalau udah memungkinkan close satu per satu tab yang gak dipakai.

Kekurangan OPERA browser; Ada beberapa, tapi overall tetap menjadi yang terbaik.

Kekurangan serius misalnya; integrasi akun lebih sering error, Chrome RAJANYA karena terhubung melalui akun Google. Keamanan sepertinya gak seketat Chrome (hanya perasaan mungkin), dan saya belum percaya 100% untuk urusan serius.

2. Google CHROME


Meski posisinya nomor 2, tapi ini adalah browser paling AMAN dan NYAMAN di HATI.


Saya menggunakan Chrome untuk membuka akun GMAIL utama, membuka akun ADSENSE, dan lain-lain pokoknya yang penting-penting. Termasuk saya posting ini pun dari Chrome karena akun yang terbuka adalah di Chrome.

Sebenarnya CHROME itu hampir sempurna, tapi browser ini lebih berat dari Opera browser, sehingga untuk urusan yang gak penting2 amat, apalagi untuk menikmati hiburan, jelas saya akan pakai OPERA, juga ada satu fitur di OPERA sebagai fitur standar PENTING yang gak dimiliki Chrome, Mozilla, atau Vivaldi. Rahasia tapi ya fitur apa-apanya... Di browser lain juga bisa tapi mesti pakai Apps.

Pada dasarnya laptop saya masih kuat meng-handle banyak tabs sekaligus di Chrome, puluhan juga masih ringan. Tapi ketika isi kontennya adalah konten berat; misalnya video di banyak tabs, maka akan terasa sekali RAM langsung cepat terkuras.

Semakin cepat RAM dipakai semua, semakin cepat juga kemungkinan browser akan CRASH, dan saya tak suka apalagi ketika sudah buffer banyak lalu crash, hilanglah kuota sia-sia.

3/4. MOZILLA Firefox/Vivaldi


Saya pakai Mozilla Firefox untuk membuka salah satu akun Google saya yang lain, aktivitasnya sih di YouTube, yes, ada satu-dua channel yang selalu diurus pakai Mozilla..


Jadi saya bagi-bagi, di Opera ada, Chrome ada, Mozilla juga ada, gak perlu Log In Log Out atau Switch akun.

Mozilla itu tergolong berat dibanding Chrome dan Opera. Makan RAM paling gede, tapi performanya gak cepet2 amat, malah karena beratnya, maka terasa speednya di bawah Chrome apalagi Opera. Padahal aslinya ya mungkin mirip atau bahkan sama, asalkan jumlah tab terbuka jumlahnya normal2 saja.

VIVALDI juga mirip, kesan yang didapat itu seperti lebih lambat, padahal hakikatnya sih cepet atau mungkin beda dikit aja dibanding Chrome/Opera.


Firefox dan Vivaldi stabil, tapi berat juga. Mungkin karena laptop saya berumur kali ya...

Saya posisikan keduanya ada di nomor 3/4. Karena keduanya biasa saja, gak bikin FUN, dan belum bisa bikin hati tentram damai.. Tapi soal kualitas, saya rasa keduanya GAK MAIN-MAIN, apalagi Mozilla udah bertahun-tahun, paling tua kayaknya.

Buat saya, OPERA and CHROME are still the best, mungkin karena sama-sama berbasis CHROMIUM meskipun beda optimasi. Bonus Mozilla Firefox yang sepertinya akan selalu ada menemani dua browser itu.

KELUPAAN, di laptop Windows OS pasti ada satu lagi nih; Internet Explorer...

Hahaha, lupa.. Saya beberapa kali pakai sih, tapi terbatasnya fitur membuat saya males makai lagi. Entah kalau Explorer yang baru di Windows 10 gimana, karena saya masih bertahan di Windows 8.

Kalau kalian, SUKA browser komputer yang MANA nih?

Oh iya, ada satu lagi dulu browser yang saya pakai; SAFARI. Tapi gak terlalu memberikan kesan yang gimana-gimana, jadi belum tertarik pakai lagi.

Tapi no doubt, Safari populer banget karena jadi browser andalannya Mac OS juga tentunya.

0 Response to "Browser komputer TERBAIK paling kencang dan ringan favorit saya"

Post a Comment