Random Posts

$6 banding $0.08 - Adsense Lokal vs Bule

Membandingkan CPC adsense lokal ama bule memang bisa bikin geleng-geleng kepala. Gimana engga, perbandingannya 1 : 10 bahkan 1 : 60, di lokal dapet serebu, di bule dapet 60 rebu.

Kenapa bisa begitu?

Gampang aja kalo mau kita analisa. Yang pertama adalah karena budget mereka lebih besar. Buat gaji buruh aja dibayar perjamnya mahal. Tapi kalo untuk mereka, penghasilan $500 misalnya, bakal ga kerasa apa-apa karena biaya hidup juga mahal. Nah, di Indonesia $500 udah lumayan banget dong, apalagi kalo tinggal di daerah yang biaya hidupnya terjangkau.



Saya pernah kepikiran,

Kalo maen adsense lokal, meski bisa dapet besar dari perusahaan asing, tetap saja sumber uangnya dari masyarakat kita juga, bukannya masukin devisa, malah perusahaan asing tsb dapet dari kita.

Tapi,

Saya ga ngajak buat berhenti buat maen adsense lokal karena bagaimana pun pengusaha, toko-toko online, dsb, masih butuh publisher buat nongolin iklan mereka. Mereka juga ga bakal rugi asal dapet konsumen. Yang saya ingin ajak adalah fokus ke lokal dan bule juga. kalau fokus lokal dan bisa dapet visitor puluh dan ratus ribuan, ga perlu maen adsense lagi dah bisa nutupin biaya operasional dan tentunya penghasilan yang sangat lumayan.

Kalau ingat dulu saya pernah fokus ke web bule, nyeseeeeel banget rasanya. Kenapa waktu itu berhenti, tapi kalo dipikir dan introspeksi lagi... mungkin waktu itu saya belum pantas mendapatkan apa yang saya inginkan. Mungkin kalau aku mendapatkan apa yang aku inginkan, aku bisa menjadi orang fasik, na'udzubillah. 

Last, semangat kawan!!

image: muhaphotos on flickr

1 Response to "$6 banding $0.08 - Adsense Lokal vs Bule"

  1. blog bule emang gede gan bayarannya, saya jg pernah merasakannya kok.

    ReplyDelete